Teknis Budidaya Mangga Dengan Produk Pupuk Organik Nasa 085231271500

 HOME>> Teknis Budidaya Mangga Dengan Produk Pupuk Organik Nasa, Budidaya Buah . Distributor resmi wilayah kediri 0852 3127 1500.Agen Resmi Pupuk Organik Nasa Papar.

Teknis buidaya mangga dengan menggunakan produk organik nasa panduan cara budidaya mangga varitas unggul organik kultur jaringan pupuk poc nasa hormonik supernasa power nutrition pentena bvr glio greenstar aero 810 Distributor Resmi PT.Natural Nusantara.
Teknis Budidaya Mangga.
Produk mangga pada saat ini belum mampu memenuhi permintaan pasar ,khususnya pasar luar negeri .ketidak mampuan ini bukan hanya disebabkan produktifitas rendah tetapi juga kualitasnya masih kurang ,kondisi ini disebabkan oleh penerapan teknologi budidaya yang belum optimal .memperhatikan hal tersebut PT.Natural Nusantara membantu meningkatkan produksi [aspek k3 ] sehingga petani mampu bersaing diarea pasar bebas.

AGROEKOLOGI
Tanaman mangga tumbuh baik pada ketinggian 50-300 m dlp pada lapisan tanah tebal dan struktur tanah remah dan berbutir butir.

VARIETAS
Varietas yang bernilai jual tinggi antara lain gadung 21 atau arumanis 143 ,varitas lainya adalah manalagi 69,lalijiwo,cgokanan dan golek 31.

PERSIAPAN LAHAN 

  1. Lubang tanah  dibuat 1 - 2 bulan sebelum tanam ,ukuran 1 m x  m dan jarak tanam 6 m x 8m .
  2. Dua minggu sebelum pelaksanaan tanam .tanah galian di masukan kembali ke dalam lubang tanam dengan campur pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1 
  3. Akan lbih optimal siram Supernasa [ 0,5 sdm/± 5 liter air/ pohon .
PENANAMAN 
  • Penanaman di awal musim hujan 
  • sebelum bibit di tanam kantong plastik dilepas.
  • Kedalaman tanam ±  15 - 20 cm diatas leher akar dan tanah disekitar tanaman ditekan ke arah tanaman agar tidak roboh.
  • Tanaman di berikan naungan dengan posisi miring ke barat dan selanjutnya di kurangi sedikit demi sedikit.

    PEMUPUKAN 
    pupuk kandang [PK ] diberikan 1 kali pada awal musim hujan.caranya dibenamkan di sekitar pohon selebar tajuk  tanaman atau menggali lubang pada isi tanaman ,mangga umur 1 - 5 tahun diberi 30 kg PK. umur 2 - 15 tahun diberi 60 kg NP ,akan belih optimal jika ditambahkan Supernasa atau jika pupuk kandang sulit dapat digunakan Supernasa dengan dosis.
  • ALTERNATIF   1 : 1 botol SUPERNASA selanjutnya bisa dapat diberikan setiap 3 - 4 bulan sekali .
  • ALTERNATIF 2 : 1 botol SUPERNASA encerkan dalam 2 liter [2000 ml ] air jadikan larutan induk .kemudian setiap 1 liter diberi 20 ml larutan induk tadi untuk menyiram per pohon.
https://www.facebook.com/groups/agenpupukorganiknasakediri/


Pemberian SUPERNASA Dilanjutkan dapat diberikan setiap 3 - 4 bulan sekali .
Penyemprotan POC NASA [ 4 - 5 ttp/tangi ] atau lebih optimal POC NASA [ 3- 4 ttp ] + HORMONIK [ 1 ttp ] per tangki setiap 1 - 3 bulan sekali.

Pupuk NPK 2 kali setahun di awal [ november - desember ] akhir musim hujan
[ Apris - mei ] dosis SBB : 


Umur
[th]
PK [kg ]
Dosis pupuk
[kg /pohon ]




ZA
TSP
KCI
1-3
20-30
0,5 -1
0,25 -0,5
0,25 -0.5
4 - 6
30 - 40
1-2
0.5-1
0.5-1
7 -10
50 -60
2-3
1- 1.5
1- 1.5
>10
50 -60
3-4
1.5-2
1.5 - 2

PEMANGKASAN 
Pangkas Bentuk [ 3 Tahap ] :

  • Tahap 1 : umur 1 tahun setlah tanam pada musim hujan dengan memotong batang setinggi 50-60 cm dari permukaan tanah dan pemotongan di atas bidang sambung dari cabang yang tumbuh di pelihara 3 cabang yang arahnya menyebar.
  • TAHAP 11 : pemangkasan di lakukan pada ketiga cabang yang tumbuh tersebut setelah berumur 2 tahun ,caranya menyisakan 1 - 2 ruas / pupus ,tunas yang tumbuh pada masing masing cabang ddipelihara 3 tunas,jika lebih di buang .tahapan pemangkasan tersebut akan diperoleh pohon dengan rumus cabang 1 - 3 - 9 .
  • TAHAM 111 : Umur 3 tahun ,cara sama seperti tahap 11 .tetapi tunas yang tumbuh dipelihara semua untuk produksi.

    PANGKAS PRODUKSI 
    Pemangkasan ini untuk memeliharaan tanaman dengan memotong cabang mati /kering ,cabang yang tumbuh kedalam dan ke bawah serta cabang air yaitu cabang muda yang tidak akan menghasilkan buah. pemangkasan produksi dilaksanakan segera setelah panan .

    PENGDANGIRAN 
    Dilakukan 2 kali dalam setahun pada awal dan akhir musim hujan ,dengan membalik tanah [ pembumbunan ] di sekitar kaca tanaman agar patongen yang ada dalam tanah mati.

    MULCHING [ MULSA ]
    Pemberian mulsa di akhir Musim hujan , menggunakan jerami / sisa sisa bekas pangkasan /tanaman sela.

    PENGENDALIAN GULMA .

    penggendalian gulma dilakukan minimal 3 kali.setahun .

    INDUKSI BUNGA 
    Untuk merangsang pembungan digunakan Pupuk organik padat SUPERNASA dengan dosis 1-2 sendok /pohon dicampur 10 liter air disiramkan secara merata dibawah kanopi pohon setelah pupus kedua [ februari - maret ] dan di semprot POC NASA [ 3 - 4 ttp /tangki ] + HORMONIK [ 1 ttp] pertangki.

    PENGGELOLAAN BUNGGA DAN BUAH .
    Penggelolaan bunga dan buah dilakukan 4 kali pada saat bud break,bud elongation,mango size [kacang ijo]dan marble size [jagung ] pupuk yang digunakan :
    1. Monokalsium phospat [MKP] di berikan sebelum muncul tunas baru atau bud break dan pada saat bud break atau bud elonggation [ dosis 2,5 gr / liter]
    2. POC NASA Diberikan saat bud break ,bud elongation ,[dosis 4 - 5 tutup/ tangki ]
    3. POC NASA , [3-4 ttp] + HORMONIK [ 1 ttp ] per tangki diberikan pada saat mango size dan marble size.

    HAMA & PENYAKIT 
    a . TIP BORER ,CLUMETIA TRANSVERSA.
    Ulat ini bergerak pucukyang masih muda [ flush] dan malai bunga dengan mengebor/ menggerak tunas atau malai menuju ke bawah. tunas daun atau malai bunga menjadi layu. kering akibatnay rusak dan transportasi unsur hara terhenti kemudian mati.penggendalian cabang tunas terinfeksi dipotong lalu dibakar, pendanggiran untuk mematikan pupa,penyemprotan dengan PESTONA .

    b . THRIPS [SCIRTOTHRIPS DORSALIS ] 

    Hama ini sering di sebut trips bergaris merah karena pada segment perut yang pertama terdapat pada suatu garis merah,hama ini selain menyerang daun muda juga bunga dengan menusuk dan menghisap cairan dari  epidermis daun dan buah.tempat tusukan bisa menjadi sumber penyakit .Daun kelihatan seperti terbakar,warna coklat dan menggelinting,Apabila bunga diketok ketok dengan tanggan dan bawahnya ditaruh alas dengan kertas putih akan terlihat Banyak trips yang jatuh .
    Penggendalian : tunas muda terserang dipotong lalu dibakar ,tangap dengan perangkap warna kuning ,pemangkasan teratur ,penyemprotandengan Natural BVR atau PESTONA.

    c. ULAT PHYLOTROCTIS SP .
    Warna sedikit coklat [ beda dengan clumetia sp. yang arnanya hijau]sering menggerek pangkal calon malai bunga,telur phyloctroctis sp .menetas dan dewasa menyerang tangkai buah muda [ pentil ] .buah muda gugur karena lapisan absisi pada tangakai buah bernanah kehitaman. Aktif pada tangkai buah bernanah kehitaman .aktif pada malam hari. penggendalian dengan PESTONA.

    d. Seed Bore ,Noorda albizonalis.
    Hama ini menggerekbuah pada bagian ujung atau tenggah dan umumnya meninggalkan bebas kotoran dan sering menyebabkan buah pecah. ulat ini langsung menggerek biji buah akibatnya buah busuk dan jatuh. berbeda dengan black borer yang menggerej buah pada bagian pangkal buah .lubang gerekan dapat sebagai sumber penyakit..
    Penggendalian : pembungkusan buah ,kumpulkan buah terserang lalu bakar semprot dengan PESTONA .

    e. WERENG MANGGA [IDIOCERUS SP ]
    Serangan terjadi saat malai bunga stadia bud elongation.nimfa dan wereng dewasa menyerang secara bersamaan dengan menghisap cairan pada bungasehingga kering cairan pada bungga,sehingga kering penyerbukan dan pembentukan buah terganggu kemudian mati.serangan parah terjadi jika didukung cuaca panas yang lembab,hama ini dapat menggandung tumbuh dan berkembangnya penyakit embun madu dari wereng yang dapat menyebabkan phytotxic pada tunas ,daun dan bunga .
    PENGGENDALIAN : Penggasapan ,penyemprotan ,Natural BVR,/PESTONA sebelum bunga mekar/pada sore hari.

    f. LALAT BUAH [BRACTOCERA DORSALIS]
    Buah yang terserang mula mula tampak titik hitam ,disekitar titik menjadi kuning,buah busuk serta terjadi perkembangan larva.bersifatagravator yaitu, memungkinkan serangan hama sekunder [ Drosophilla sp] jamur dan bakteri .
    PENGGENDALIAN :  pembungkusan buah pemasangan perangkap lalat buah.

    g. PENYAKIT ANTRAKNOSE [ COLLETOTRICHUM SP ]
    Terjadi bintik bintik hidam pada flush ,daun malai dan buah ,serangan menghambat jika terlalu lembab ,banyak awan hujan waktu masa seluruh panenan akan gagal karena bunga menjadi rontok.
     PENGENDALIAN PEMANGKASAN PENAMBAHAN JANGAN TERLALU RAPAT BAGIAN tanaman terserang dikumpulkan dan di bakar.

    h. PENYAKIT RECIFE .DIPLODIA RECIFENSIS.
    Penyakit ini disebut juga blendok affinis,kumbang ini membuat terowongan dibatang/cabag kemudian dan cendawan diplodia masuk ke dalam terowongan di luar tempat kumbang menggerak akan keluar blendok [getah ] penyakit mangga lainya seperti embun jelaga [jamur meliola mangiferae ] kudis/scab [elsinoe mangiferae] bercak  karet merah [ ganggang cephaleuros sp] .

    CACATAN;
    Jika penggendaalian hama dan penyakit dengan pestisida alami belum mengatasi ,dapat digunakan pestisida kimia sesuai anjuran ,agar penyemprotan lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambahkan perekat perata pembasah
    AERO 810 dosis ± ml [0,5 tutup] per tangki penyemprotan herbisida [untuk gulma] perekat perata pembasah AERO 810 ,dosis ± ml,1/2 tutp ]/pertangki.

    PANEN DAN PASCA ANEN 
    Panen dilakukan pada umur ± 97 hari setelaah bunga mekar,buah berbedak dan jam 09.00- 16. 00 WIB dengan menyisakan tangkai buah sekitar 0,5 - 1 cm .

    semoga  bisa menjadikan panduan teknis budidaya mangga.
    info dan konsultasi hubugi:

    DISTRIBUTOR RESMI

    UNTUK PEMESANAN / ORDER PRODUNYA BISA HUBUNGI :


    DISTRIBUTOR RESMI

    SUDJOKO N - 469938
    JLN.DIPONEGORO NO.25
    DESA . PAGU DSN .KAUMAN
    RT.1 /RW.1 KEC.PAGU
    KEDIRI - JATIM

    TLP/WA : 0852 3127 1500
    TLP/SMS : 0812 5970 1770
    WA : 0852 0203 3625

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknis Budidaya Mangga Dengan Produk Pupuk Organik Nasa 085231271500 "